https://ferrari-wiki.com/ https://www.hillaryfarm.co.id/images/keth88/ https://ppdisnakertrans.riau.go.id/ http://103.153.229.43/ https://irontrianglebrewing.com/ http://38.9.137.147/ http://38.9.137.143/ http://multapipvtiti.com/bbfstoto/ https://umbima.ac.id/wp-content/-/ https://cg57811.tmweb.ru/halo/ https://dishub.riau.go.id/wp-content/-/ http://103.168.147.224/ http://ejournal.umpwr.ac.id/public/journals/26/ https://slotqris.media9.co.id/content/ http://dim-et-ioann.ioa.sch.gr/content/ https://dishub.riau.go.id/wp-admin/content/ https://ace.dilmil-yogyakarta.go.id/content/ http://103.160.62.181/
https://www.norcarestaurant.ca/wp-content/-/ http://strengthsensei.elegance.work/ https://institutomarlene.edu.co/wp-content/assets/
Cerita Panji, Memory of The World, dan Pembelajaran Vocabulary di Perguruan Tinggi | Setiyono | Jurnal Pendidikan Surya Edukasi (JPSE)

Cerita Panji, Memory of The World, dan Pembelajaran Vocabulary di Perguruan Tinggi

Junaedi Setiyono, Ismawati Ike Nugraheni

Abstract


Cerita Panji adalah satu-satunya karya sastra asli Indonesia yang telah tersebar dan terkenal di seluruh Asia Tenggara sejak abad ke-15. Pada 30 Oktober 2017 cerita ini ditetapkan sebagai Memory of the World oleh UNESCO. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan teks-teks berbahasa Inggris apa saja yang muncul diseputar diusulkan dan ditetapkannya Cerita Panji sebagai Memory of the World dan bagaimana memanfaatkanya sebagai pembelajaran vocabulary di Perguruan Tinggi. Dari penelitian ini diketahui bahwa teks-teks berbahasa Inggris yang muncul berasal dari laman UNESCO, dari surat kabar Jakarta Post, dari laman University of Leiden, dan dari Southeast Studies. Cara pembelajarannya adalah dengan menggunakan model pembelajaran Task-Based Language Teaching.

Keywords


Cerita Panji, Memory of the World, Task-Based Language Teaching

Full Text:

PDF

References


Brown, Frishkoff, & Eskenazi. (2005). Automatic Question Generation for Vocabulary Assessment. Dalam proceeding of the conference of human language technology and empirical method in natural language processing.

Darmosoetopo. (2014). Sejarah Pañji dalam Perspektif Arkeologi. Dalam Prosiding Seminar Tokoh Panji Indonesia Panji dalam Berbagai Tradisi Nusantara. Penyunting Prasetya dan Dana. Jakarta: Direktorat Pembinaan Kesenian dan Perfilman Direktorat Jenderal Kebudayaan

Hesse-Biber, Sharlene Nagy (2010) Mixed Methods Research. New York: The Guilford Press.

Huddleston & Pullum. (2005). A Student's Introduction to English Grammar. Cambridge: Cambridge University Press

Munandar. (2014). Panji dan para Kadeyan Mengembara dalam Kebudayaan Nusantara. Dalam Prosiding Seminar Tokoh Panji Indonesia Panji dalam Berbagai Tradisi Nusantara. Penyunting Prasetya dan Dana. Jakarta: Direktorat Pembinaan Kesenian dan Perfilman Direktorat Jenderal Kebudayaan

Nunan, David. (2004). Task-Based Language Teaching. Cambridge: Cambridge University Press.

Pavlu. (2009). Testing Vocabulary. Diploma Thesis. Faculty Of Education Department of English Language and Literature. Masaryk University Brno.

Pudjasworo . (2014). Cerita Panji Sebagai Sumber Inspirasi Penciptaan Seni Pertunjukan. Dalam Prosiding Seminar Tokoh Panji Indonesia Panji dalam Berbagai Tradisi Nusantara. Penyunting Prasetya dan Dana. Jakarta: Direktorat Pembinaan Kesenian dan Perfilman Direktorat Jenderal Kebudayaan

Schmitt.(2000). Vocabulary in Language Teaching. Cambridge: Cambridge University Press

Simatupang. (2014). Cerita Panji dan Pergelarannya: Masa Lalu, Masa Kini, dan Masa Depan. Dalam Prosiding Seminar Tokoh Panji Indonesia Panji dalam Berbagai Tradisi Nusantara. Penyunting Prasetya dan Dana. Jakarta: Direktorat Pembinaan Kesenian dan Perfilman Direktorat Jenderal Kebudayaan

Takac. (2008). Vocabulary Learning Strategies and Foreign Language Acquisition. Clevedon: Multilingual Matters Ltd




DOI: https://doi.org/10.37729/jpse.v6i1.6497

Refbacks

  • There are currently no refbacks.